Pages

Subscribe:

Rabu, 07 Desember 2011

Membuat Rancangan Tujuan Menjadi Bagian Dari Hidup

Pengembangan keterampilan belajar yang baik ibarat sebuah jala raya menuju tujuan, apapun tujuannya. Sekeras apapun upaya Anda, sebanyak apapun rintangan yang harus Anda hadapi selama proses itu, hasil perjalanan Anda tentu tidak sia-sia. Bagaimana cara menjadikan rancangan tujuan tersebut menjadi bagian dalam hidup Anda?
Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda:
ü  Bersikaplah realitas saat mencoba merancang tujuan. Jangan mematok tujuan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jangan pula terlalu penuh pertimbangan ketika harus melakukan penyesuaian diri dalam proses pencapaian itu.
ü  Bersikaplah realistis terhadap ekspektasi. Pahami secara mendalam mengenai mata pelajaran yang kurang Anda kuasai. Jangan kehilangan harapan dan putus asa jika penguasaan total bukan merupakan tujuan Anda.
ü  Jangan terlalu mudah menyerah. Anda dapat bertindak terlalu realistis-siap untuk menyerah hanya karena menghadapi sesuatu yang ternyata sedikit lebih sulit daripada yang Anda perkirakan sebelumnya. Jangan membuat tujuan terlalu tinggi. Tujuan itu dapat membuat sengsara ketika Anda mendapati diri tidak mampu menggapaihal yang ingin Anda raih tersebut. Jangan pula membuat tujuan Anda terlalu rendah karena Anda tidak akan pernah mengetahui potensi Anda. Tetapkan tujuan yang tepat bagi Anda.
ü  Berkonsetrasilah pada wilayah yang menawarkan peluang terbaik bagi kemajuan. Sukses yang tidak terduga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kepercayaan diri Anda. Ini dapat membuat segalanya menjadi mungkin untuk meraih lebih dari yang pernah Anda pikirkan sebelumnya, bahkan pada bidang lain.
ü  Pantaulah kemajuan dan teruslah merancang tujuan Anda. Harian, mingguan, bulanan, tahunan-tanyakan kepada diri Anda sendiri, seberapa jauh yang sudah Anda kerjakan dan kemana Anda akan melangkah sekarang.
ü  Tempellah piramida tujuan Anda di dinding. Lihatlah, rasakan, dan jalankan!
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar